• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Kisi-KIsi Pretes PPG Dalam Jabatan Mata Pelajaran Fisika

Pak Salim. Media Berbagi Pak Salim Kembali mempublikasikan kisi-kisi pretes PPG dalam jabatan. Kesempatan ini akan kami bagikan Kisi-KIsi Pretes PPG Dalam Jabatan Mata Pelajaran Fisika. Untuk mendapatkan sertifikat sebagai guru profesional kamu harus lulus pretes PPG. Silahkan pelajari kisi-kisi ini supaya kamu mendapatkan nilai yang terbaik

Kisi-KIsi Pretes PPG Dalam Jabatan Mata Pelajaran Fisika

Dalam kisi-kisi nanti anda Kompetensi inti, kompetensi maple/keahlian dan kompetensi esensial.

1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.2 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)

1.2.1 Menentukan resultan sejumlah vektor

2. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.3 Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus

1.3.1 Menganalisis percepatan rata-rata gerak dari Grafik kecepatan terhadap waktu

3. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.4 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari

1.4.1 Menyimpulkan material yang memiliki koefisien elastisitas paling besar dari grafik hubungan antara gaya dan regangan dari berbagai bahan

4. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.5 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari.

1.5.1 Memberikan contoh peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

5. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.6 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa

1.6.1 Menemukan sifat-sifat bayangan dari data benda yang ditempatkan dengan jarak tertentu dari cermin (cembung/ cekung)

6. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.7 Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari

1.7.1 Menelaah permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari dengan menggunakan hukum kekekalan energi

7. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.8 Mendeskripsikan momentum dan impuls, hukum kekekalan momentum, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

1.8.1 Menhgitung kecepatan akhir setelah tumbukan dari ilustrasi dua benda bermasa yang berinteraksi satu sama lain

8. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.9 Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup

1.9.1 Menjelaskan hubungkan konsep temperatur absolut dengan kecepatan rata-rata gas dalam perhitungan

9. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.10 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata

1.10.1 Menemukan frekuensi nada-nada yang dihasilkan dari gambar gelombang tegak suatu senar

10. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.11 Memahami penerapan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

1.11.1 Menjelaskan penerapan konsep bunyi berdasarkan data tingkat bunyi.

11. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.12 Menganalisa gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus.

1.12.1 Menyimpulkan besaran fisis (gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik) dari kasus fisis terkait gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik

12. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.13 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya.

1.13.1 Menemukan besaran fisis dari data rangkaian R, L, dan C 13. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.14 Memahami fenomena efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari

1.14.1 Menjelaskan beda potensial yang diperlukan untuk menghentikan partikel yang dipancarkan oleh permukaan logam tertentu

14. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.15 Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan dengan menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajarannya.

1.15.1Menggambarkan pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan dengan menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajarannya.

15. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1.16 Bernalar secara kulaitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika

1.16.1Menyimpulkan besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan

16. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang  diampu

1.17 Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan bidang ilmu fisika dan ilmu-ilmu yang terkait

1.17.1 Merencanakan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)

17. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

2.1 Memilih materi pembelajaran Fisika sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

2.1.1Merencanakan materi sajian pembelajaran Fisika yg sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

18. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

2.2 Mengolah materi pelajaran Fisika secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

2.2.1 Menerapkan prinsip pemantulan pada cermin cekung untuk pembuatan kompor matahari

19. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri

3.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.

3.1.1Merencanakan e-Learning dengan menggunakan virtual Class

Untuk mendapatkan kisi-kisi lengkap silahkan download dibawah ini,

Kontak

Dapat berhubungan dengan saya melalui :


Alamat

Pinaga, Simpang Empat, Pasaman Barat - Sumatera Barat

Phone number

+(62) 852 6875 4938

Website

https://paksalim.blogspot.com/