Dalam Kisi-kisi yang akan dibagikan ada
Kompetensi Inti
Kompetensi Mapel/Keahlian
Kompetensi Esensial
1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan corak kehidupan masyarakat praaksara
2. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan peralatan yang digunakan dalam berbagai masa pra-aksara
3. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan budaya yang membedakan jaman pra-aksara dan sesudahya
4. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Mengkonstruksi kehidupan kerajaan Hindu awal
5. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membedakan kehidupan masyarakat berdasar peralaan yang digunakan
6. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menganalisis keadaan ekonomi masa praaksara
7. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan hunting, fishing dan foodgathering
8. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan palaeolith, mesolith dan neolith
9. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan keadaan sosial pada masa Hindu
10. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menganalisis peradaban pada masa Hindu
11. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan keadaan sosial pada masa Buddha
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan corak kehidupan masyarakat praaksara
2. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan peralatan yang digunakan dalam berbagai masa pra-aksara
3. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan budaya yang membedakan jaman pra-aksara dan sesudahya
4. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Mengkonstruksi kehidupan kerajaan Hindu awal
5. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membedakan kehidupan masyarakat berdasar peralaan yang digunakan
6. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menganalisis keadaan ekonomi masa praaksara
7. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan hunting, fishing dan foodgathering
8. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan palaeolith, mesolith dan neolith
9. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan keadaan sosial pada masa Hindu
10. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menganalisis peradaban pada masa Hindu
11. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan keadaan sosial pada masa Buddha
12. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan antara kebudayaan Hindu dan Buddha
13. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan relief yang dominan pada jaman Hindu dan Buddha
14. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membedakan karakteristik budaya Hindu dan Buddha
15. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Bentuk-bentuk peninggalan jaman Hindu
16. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Bentuk-bentuk peninggalan jaman Buddha
17. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menganalisis situs-situs peninggalan Hindu Budha di Indonesia
18. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan peranan perdagangan dan maritim bagi persebaran Islam
19. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Mengidentifikasi bentuk-bentuk peninggalan masa Islam
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menyimpulkan makna kebudayaan pada masa islam Halaman 1 dari total 4
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membandingkan antara kebudayaan Hindu dan Buddha
13. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan relief yang dominan pada jaman Hindu dan Buddha
14. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Membedakan karakteristik budaya Hindu dan Buddha
15. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Bentuk-bentuk peninggalan jaman Hindu
16. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Bentuk-bentuk peninggalan jaman Buddha
17. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menganalisis situs-situs peninggalan Hindu Budha di Indonesia
18. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menjelaskan peranan perdagangan dan maritim bagi persebaran Islam
19. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Mengidentifikasi bentuk-bentuk peninggalan masa Islam
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Menyimpulkan makna kebudayaan pada masa islam Halaman 1 dari total 4
Itu yang dapat kami publishkan dalam tulisan ini, untuk lebih lengkap
silahkan download Kisi-Kisi Pretes PPG Mapel IPS dibawah ini.
Silahkan dibagikan dimedia sosial yang kamu punya.