• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Pak Salim : Guru Fisika Yang Senang Menggunakan Buku Marthen Kanginan

Pak Salim adalah seorang guru fisika yang bernama lengkap Abdul Salim. Keseharian bekerja sebagai guru fisika sejak tahun 2013 sehingga siswa lebih akrab memanggil dengan sebutan pak salim.  Perjalanan mengajar  pak salim yang pindah-pindah dan suka menggunakan buku marthen kanginan sebagai salah satu buku pegangan akan diceritakan dalam tulisan ini.

Pak Salim

Pak Salim lulusan pendidikan fisika Universitas Bengkulu (juli 2012) ini pertama kali menjadi guru Tidak Tetap Yayan (GTT) di SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu mengajar mata pelajaran fisika sampai juni 2014. Pak salim yang menyukai buku fisika SMA karangan marthen kanginan sebagai buku sumber belajar, selain itu ditambah juga dengan buku-buku fisika lainnya dan buku elektronik yang di unduh dari internet. Pak salim terlihat akrab dengan murid sehingga diluar jam sekolah pak salim juga sering berdiskusi dan mengajak siswa untuk membuat alat-alat peraga sederhana bersama siswa. Selain mengajar fisika dikelas X dan XI pak salim juga sebagai pelatih sains club fisika.Pada Juli 2014 Pak salim menjadi guru pembimbing OLIMPICAD atau dikenal dengan Olympiade Ahmad Dahlan.

Mengabdikan diri menjadi guru di SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu berakhir karena Pak salim dapat panggilan untuk bergabung dalam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, dan alhamdulilla lulus sebagai peserta Sarjana Mendidik dierah Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM-3T). Lulus dalam program mulia ini, Akhir Agustus 2014 saya dikirim ke Kabupaate Pidie Jaya - Aceh tepatnya di SMA Negeri Unggul Pidie Jaya. Pak Salim kembali bertugas di SMA yang baru. Di SMA yang baru ini Pak Salim Tetap mengajar fisika, buku pegangan utama yang dimiliki pak salim tetap Fisika SMA Untuk SMA. Di sekolah ini pak salim tidak hanya hanya tugas dalam mengajar, namun disekolah ini pak salim yang tinggal dirumah dinas sekolah memiliki banyak waktu bersawa siswa karena siswa juga tinggal di asrama komplek sekolah.

Pak Salim, selain aktif mengajar juga menjadi pembina OSIS, Pelatih OSN Fisika, dan Pelatih OSN Astronomi. Tidak cukup dengan pelatih OSN pak salim juga melatih menggerakkan alumni paskribraka sekolah untuk melatih adik-adik mereka, dan alhamdulillah membuahkan hasil dari SMA N Unggul Pidie Jaya  6 orang mewakili paskibraka kabupaten dan seorang mewakili paskibraka provinsi. Buah hasil yang dilakukan dalam pelatihan OSN Fisika dan Astronomi, Alhamdulillah untuk tingkat kabupaten bisa meraih juara 1, 2 dan 3. Sedangkan astronomi belum membuahkan hasil. Tidak puas dengan prestasi siswa itu, Pak Salim juga melatih Lomba Karya Ilmiah Tingkat Provinsi Aceh dan alhamdulillah mendapatkan hasil yang sangat memuaskan (juara 1 provinsi).

Tidak terasa agustus 2015 sudah sampai, menunjukkan pengabdian di SMA Unggul Pidie Jaya ini sudah berjalan setahun, sesuai kontrak bahwa pengabdian di daerah 3T selama setahun, di hari akhir sebelum pulang ke kampung halaman Pak Salim bersama siwa meneteskan air mata, begitu dekatnya hubungan guru dengan siswa ibarat seperti ayah dan anak. Hingga sampai naik bus perjalan pulang mereka mengantarkan dengan haru.

Tidak berlama dirumah, selama 6 bulan sebelum menempuh pendidikan PPG, saya membuka sebuah kebun karet bersama orang tua. Maret 2016 Pak Salim kembali di asramakan di Asrama Putra UNP untuk menlanjutkan pendidian profesi guru (PPG) yang dibiayai oleh Kementrian Ristek Dikti. Pendidikan asrama kembali membentuk pak salim untuk menjadi guru yang profesional.

Saat ini (20017-sekarang) Pak Salim aktif mengajar di SMA N 1 Talamau. Pak salim mengajar dikelas X dan XI, selain aktif mengajar juga aktif menjadi pelatih persiapan OSN Astronomi. Tidak hanya di SMA N 1 Talamau, Pak salim juga mengajar di SMK S Subulus Salam Simpang Empat dan menjadi pelatih Sains Club Fisika di SMP N 1 Pasaman.

Kontak

Dapat berhubungan dengan saya melalui :


Alamat

Pinaga, Simpang Empat, Pasaman Barat - Sumatera Barat

Phone number

+(62) 852 6875 4938

Website

https://paksalim.blogspot.com/